Ads Top

minexcoin

Manfaat Gizi Untuk Kesehatan Kehamilan Dan Janin

Kebutuhan gizi nutrisi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam setiap semester bulannya bertambah seiring dengan bertambahnya umur kehamilan sang ibu. Manfaat fungsi tujuan pemenuhan nutrisi gizi ibu hamil yang baik cukup dan optimal dalam masa kehamilan 9 bulan perlu dijaga dan dipelihara asupannya.

Gizi Ibu Hamil sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, pernahkah para ibu hamil merasa khawatir akan kebutuhan nutrisi si Kecil selama dalam kandungan telah terpenuhi dengan baik. Untuk itulah kebutuhan gizi ibu hamil harus terpenuhi dengan baik dan cukup.

Setiap tahapan kehamilan membutuhkan asupan nutrisi yang sesuai, bahkan sejak ketika awal mempersiapkan kehamilan hingga proses menyusui setelah bayi lahir. Nah, seperti apa nutrisi yang dibutuhkan pada saat persiapan dan tahap awal kehamilan yang perlu untuk diketahui oleh para ibu hamil.

Manfaat Gizi Untuk Kesehatan Kehamilan Dan Janin

Gizi Ibu Hamil


Beberapa wanita mengalami Tanda-Tanda atau Gejala Kehamilan dalam waktu satu minggu setelah konsepsi. Wanita lain mungkin mengalami gejala selama beberapa minggu atau tidak mengalami gejala sama sekali.

Kehamilan berlangsung selama 280 hari atau 40 minggu dihitung sejak Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT).

Pada kehamilan maka para ibu hamil akan terjadi perubahan fisik dan mental yang bersifat alami dimana para calon ibu harus sehat dan mempunyai kecukupan gizi sebelum dan setelah hamil.

Agar kehamilan berjalan sehat serta pertumbuhan perkembangan janin dalam kandungan juga berjalan dengan baik maka keadaan gizi ibu pada waktu konsepsi harus dalam keadaan yang baik dan selama hamil mendapatkan asupan tambahan protein, minimal seperti zat besi dan kalsium, vitamin, asam folat dan energi.

Kehamilan yang sehat adalah merupakan suatu keadaan yang selalu diharapkan pada setiap ibu yang sedang dalam proses mengandung dan kehamilan. Karena dengan adanya kehamilan yang sehat dengan menjalankan tips kiat cara menjaga kesehatan ibu hamil yang benar dan sesuai dengan petunjuk medis dan tenaga kesehatan.

Maka hal ini akan membuat ibu hamil dan sang calon janin yang ada dalam kandungan pun akan sehat dalam setiap pertumbuhan dan perkembangan selama dalam kurun waktu 9 bulan mengandung.

Selama hamil, calon ibu memerlukan lebih banyak zat-zat gizi daripada wanita yang tidak hamil, karena makanan ibu hamil dibutuhkan untuk dirinya dan janin yang dikandungnya.

Bila makanan ibu terbatas janin akan tetap menyerap persediaan makanan ibu sehingga ibu menjadi kurus, lemah, pucat, gigi rusak, rambut rontok dan lain-lain.

Demikian pula, bila makanan gizi nutrisi kurang pada ibu hamil maka hal ini akan bisa berakibat dan efek dampak yang kurang baik terhadap kesehatan janin.

Hal ini bisa berakibat pada tumbuh kembang janin akan terganggu, terlebih bila keadaan gizi ibu pada masa sebelum hamil telah buruk pula. Keadaan ini dapat mengakibatkan abortus, BBLR, bayi baru lahir prematur atau bahkan bayi baru lahir mati.

Sebaliknya, jika makanan berlebih akan mengakibatkan kenaikan berat badan yang berlebihan, bayi besar, dan dapat pula mengakibatkan terjadinya preeklamsi.

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Tiap Bulan Semester


Peningkatan kualitas gizi sangat penting karena pada setiap tahapan semester kehamilan. Ibu hamil mulai menyimpan lemak dan zat gizi lainnya untuk cadangan bahan pembentuk ASI saat menyusui.

Usia pada semester kedua, ibu mulai menyimpan lemak dan zat gizi lainnya untuk cadangan bahan pembentuk ASI di saat menyusui kelak.

Untuk itu peningkatan kualitas gizi sangatlah penting. Selanjutnya, pada semester ketiga, kebutuhan energi janin akan diperoleh dari cadangan energi yang disimpan oleh ibu pada tahapan sebelumnya.

Makanan yang dikonsumsi harus mengandung zat gizi yang lengkap dan adekuat meliputi protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Apabila makanan tersebut tidak mengandung zat gizi yang adekuat maka dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Zat gizi yang dibutuhkan selama kehamilan adalah 80.000 Kkal selama kurang lebih 280 hari kehamilan. Hal ini berarti tambahan energi yang diperlukan oleh ibu hamil rata-rata 300 Kkal per hari. Kebutuhan energi pada trimester pertama kehamilan meningkat sedikit.

Selanjutnya meningkat pada trimester kedua kehamilan dan ketiga. Energi tambahan selama semester kedua diperlukan untuk pemekaran jaringan ibu seperti penambahan volume darah, pertumbuhan rahim, dan payudara, serta penumpukan lemak.

Selama trimester ketiga kehamilan energi tambahan digunakan untuk pertumbuhan janin dan plasenta. WHO menganjurkan jumlah tambahan 150 Kkal sehari pada semester pertama, selanjutnya perlu jumlah tambahan 350 Kkal sehari pada trimester kedua dan ketiga.

Gizi Nutrisi Ibu hamil antara lain terpenuhi dengan memenuhi akan beberapa jenis macam kebutuhan ibu hamil dan janin antara lain adalah sebagai berikut :

Asam Folat
Kebutuhan akan asam folat pada kehamilan sangat penting dalam hal pembentukan sel syaraf dan juga sel-sel pada janin yang ada dalam kandungannya pula. Untuk itu kita harus bisa mencukupi akan hal ini. Sumber asam folat dapat kita temui pada sumber makanan seperti halnya beras merah, sayuran hijau dan buah-buahan.

Kalori
Kebutuhan kalori ini pada ibu hamil akan juga semakin meningkat dalam trimester kehamilannya. Pada trimester kedua dan ketiga kehamilan akan banyak membutuhkan kalori lebih banyak dibandingkan pada awal-awal kehamilannya.

Zat Besi
Kebutuhan akan zat besi harus bisa dicukupi dengan baik. Karena hal ini berkaitan erat dengan proses pembentukan darah.

Karena bila seorang ibu hamil yang kekurangan akan zat besi ini akan bisa berdampak anemia yang tentunya anemia pada ibu hamil ini akan bisa berpengaruh banyak pada kesehatan ibu sendiri dan juga janin yang ada dalam kandungannya.

Protein
Kebutuhan ibu hamil akan protein ini karena protein membantu dalam hal proses pembentukan sel-sel darah selain dari zat besi yang di atas tadi. Selain itu protein sendiri fungsinya dalam tubuh manusia adalah sebagai sumber kalori pula dan juga sebagai zat pembangun dalam berbagai hal dalam tubuh.

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Tiap Bulan Semester

Kalsium
Keluhan ibu hamil yang umum adalah rasa pegal-pegal dan kebutuhan akan kalsium ini harus terpenuhi dengan baik selain untuk hal tersebut adalah fungsi dan peranan penting lainnya kalsium ini adalah untuk pembentukan serta menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, kontraksi otot dan sistem syaraf pada janin yang berada dalam kandungannya. Kebutuhan kalsium ibu hamil adalah berkisar 1000 mg/hari.

Vitamin
Kebutuhan akan berbagai macam jenis vitamin. Vitamin-vitamin yang memegang peranan penting dalam sebuah proses kehamilan diantaranya adalah vitamin A, C dan vitamin D.

Perlu diketahui, masa paling penting di dalam pertumbuhan organ janin (organogenesis). Karena itu penting untuk memerhatikan asupan nutrisi. Kebutuhan nutrisi wanita hamil memang lebih banyak ketimbang wanita yang tidak mengandung.

Untuk menyempurnakan asupan nutrisi, ibu hamil dapat mengkonsumsi susu. Susu mengandung kalsium untuk menunjang pembentukan tulang rangka tubuh janin yang berlangsung saat ini. Kebutuhan kalsium ibu sekitar 1000 miligram/hari.

Pada trimester pertama ibu disarankan untuk mengkonsumsi susu yang kaya kandungan vitamin B6 guna membantu mengatasi morning sickness yang pada beberapa ibu hamil mengalaminya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.