Ads Top

minexcoin

Penyebab Wanita Susah Hamil

Penyebab perempuan sulit hamil memang seringkali terjadi di lingkungan masyarakat kita sendiri. Beberapa macam jenis kiat cara tips cepat hamil pun telah dilakukan oleh para pasangan suami istri untuk mendapatkan momongan buah hati anak yang mereka idam-idamkan untuk melengkapi kelengkapan kebahagian keluarga mereka.

Bahkan tidak dipungkiri dalam kehidupan masyarakat kita mitos susah hamil juga banyak beredar. Contoh mitos dalam masyarakat yang membicarakan penyebab wanita sulit hamil adalah karena sperma yang encer dan lainnya.

Untuk itulah perlunya kita mengetahui akan beberapa Penyebab Wanita Perempuan Sulit Hamil yang ditinjau dari sisi medis dan kesehatan. Pentingnya untuk mengetahui akan hal yang menyebabkan seorang wanita susah hamil ini akan bisa memberikan manfaat.

Manfaatnya adalah dalam rangka bagaimana cara dan solusi yang tepat dalam mengatasi susah hamil tersebut dan mendapatkan pengobatan yang benar-benar bisa membantu seorang perempuan untuk mendapatkan kehamilan.

Penyebab Wanita Susah Hamil

Faktor Penyebab Sulit Hamil


Pada banyak sejumlah kasus yang mengalami kesusahan dan kesulitan memperoleh kehamilan dan anak, masalah kehamilan yang tak kunjung datang maka prosentase kesulitan hamil ini adalah 40% berasal dari wanita. Sedangkan pada dari pria, prosentasenya juga 40% sedangkan penyebab karena alasan lainnya adalah berkisar 5-10%.

Dan sisanya disebabkan faktor sulit hamil yang tidak diketahui. Tetapi dalam masyarakat kita kaum wanita lah yang biasanya menjadi 'korban' atas stigma mengapa sulit hamil ini.

Pada kaum wanita maka masalah kesuburan adalah pertama adalah adanya gangguan hormonal. Dan hal ini akan berakibat pada gangguan ketika sedang ovulasi. Sedangkan pada pria masalah sulit hamil ini berkaitan erat dengan kualitas sperma.

Kualitas sperma yang rendah atau pun tidak bagus ini sering mengakibatkan kesulitan dalam memperoleh keturunan. Penyebab kualitas sperma rendah atau jelek adalah gangguan pada proses pembentukan spermatozoa, yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan pola gaya hidup sehat seseorang juga turut andil di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum perempuan susah hamil diantaranya adalah sebagai berikut :

Endometriosis

Yang dimaksud dengan pengertian endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Kadaan seperti ini umumnya akan bisa mempengaruhi keadaan indung telur, sel telur, saluran telur, rahim dan bahkan fungsi sperma. Pada endometriosis yang ringan, konsepsi masih mungkin terjadi karena tidak semua wanita akan mengalami infertilitas.

Pada kasus ini, pemeriksaan laparoskopi bisa digunakan untuk menghilangkan jaringan parut yang disebabkan karena adanya endometriosis dan bermanfaat untuk membantu pembuahan antara sel perma dan sel telur. Endometriosis berasal dari kata endometrium, yaitu jaringan yang melapisi dinding rahim.

Penyakit endometriosis ini adalah tumbuhnya jaringan dinding rahim di luar rahim. Lokasi tumbuhnya beragam di rongga perut, seperti di ovarium, tuba falopii, jaringan yang menunjang uterus, daerah di antara vagina dan rectum, juga di kandung kemih. Ini salah satu faktor yang bisa menyebabkan sulit untuk mendapatkan anak keturunan pula.

Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba Falopi)

Penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia. Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik.

Ketika terjadi peradangan pada tuba saluran telur ini, karena adanya penyumbatan atau jaringan parut atau hal lainnya, akan bisa menyebabkan infertilitas mandul. Pada proses ovulasi, sel telur yang sudah matang dilepaskan dari dalam rahim menuju saluran telur untuk dibuahi. Jika saluran ini rusak, maka sel telur juga akan terpengaruh.

Tuba falopi atau saluran falopi yang berperan dalam ovulasi dan pembuahan, bisa mengalami sumbatan atau penyempitan. Bila tersumbat, sel telur tak bisa dibuahi sperma atau embrio yang terbentuk tidak dapat masuk ke rahim untuk berkembang. Kondisi ini yang membuat kehamilan sulit terjadi.

Alergi Pada Sperma.

Wanita yang mengalami kelainan hormonal antisperma tubuhnya otomatis akan membentuk antibodi setiap kali dimasuki oleh sperma. Secara otomatis antibodi ini akan 'menolak' dan 'mengusir' sperma yang masuk ke sel telur.

Karena tidak adanya pertemuan antara sperma dan sel telur ini maka tidak mungkin akan terjadinya pembuahan. Alergi ini harus diatasi dengan paternal leukocyte immunization. Hanya saja kasus ini sangat jarang terjadi.

Masalah Ovulasi

Menurut US Department of Health and Human Services, penyebab umum dari ketidaksuburan pada perempuan adalah adanya masalah dengan ovulasi. Ini adalah suatu proses pelepasan telur yang telah matang dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi.

Penyebab Umum Perempuan Susah Hamil

Sebuah tanda umum dari masalah ovulasi pada perempuan salah satunya adalah di antaranya periode menstruasi yang abnormal, atau kurang lengkapnya periode menstruasi wanita. Ovulasi yang tidak berkala berkontribusi sekitar 30% dari penyebab ketidaksuburan pada wanita

Pola Hidup Kurang Sehat

Untuk bisa cepat memperoleh keturunan ada beberapa cara tips cepat hamil yang bisa dicoba dan usahakan. Karena memang banyak juga yang telah membuktikan bahwa setelah sekian lama berumah tangga dan belum juga dikarunia anak maka pada suatu saat setelah menjalani pengobatan dan perawatan akan bisa juga berhasil mempunyai anak idaman orang tua.

Pola hidup yang tidak sehat seperti contohnya adalah terbiasa mengkonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, pola makan yang tidak sehat, kegemukan (kelebihan berat badan) bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan susah hamil juga.

Maka bila memang telah bertekad dan mempunyai impian mempunyai anak keturunan, maka hilangkanlah kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan pasangan suami istri tersebut.

Stressor Dan Kelelahan

Dua faktor di atas ternyata juga mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam sebuah kehidupan rumah tangga khususnya bagi pasangan suami istri yang mengalami kesulitan dalam memperoleh anak. Bila dalam pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter dan semua organ reproduksi dalam keadaan sehat dan tanpa gangguan, kemungkinan besar faktor di atas bisa menjadi penyebabnya.

Apalagi memang tidak disalahkan juga bila telah sekian tahun menikah dan belum juga dikaruniai momongan maka keluarga, teman, saudara, tetangga akan banyak menanyakan akan hal ini dan tentunya akan membuat kita juga bertambah stress.

Pertanyaan kenapa tidak bisa hamil, kenapa belum juga punya momongan, kapan mau punya momongan adalah pertanyaan yang sering diajukan. Ini tentunya yang akan menjadi beban pikiran stresor wanita yang belum mempunyai anak pula.

Demikian tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan kesulitan dalam mendapatkan anak dan keturunan. Hanya saja untuk kepastiannya akan hal apa yang menjadi penyebab wanita sulit hamil ini adalah dengan memeriksakan kepada dokter yang ahli dalam bidang infertilitas tentunya dengan didampingi suami juga karena sang suami juga harus memeriksakan dirinya juga.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
IBX5991B2CA28314