Ads Top

minexcoin

Tips Cara Memperbanyak ASI

Produksi ASI banyak berlimpah pada ibu menyusui tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan bayi yang disusui dan juga akan memberikan manfaat pula bagi sang ibu yang menyusui bayi anaknya juga. Bagaimana cara memperbanyak ASI secara alami juga banyak ditanyakan oleh para ibu menyusui yang mengalami masalah produksi asi sedikit. Atau penyebab mengapa ASI tidak keluar?

Seperti yang kita ketahui manfaat pemberian asi bagi ibu dan bayi adalah sangatlah besar dalam hal kesehatan. ASI atau air susu ibu merupakan makanan yang pertama kali dan paling utama terbaik bagi bayi yang bersifat alamiah dan paling sempurna karena di dalam nya mengandung berbagai macam zat gizi yang diperlukan dalam proses pertumbuhan bayi buah hati bunda.

Tips Cara Memperbanyak ASI
Tips Cara Memperbanyak ASI

Kandungan gizi nutrisi dalam ASI adalah merupakan yang paling lengkap yang tidak bisa di gantikan oleh jenis makanan apapun, selain mengandung berbagi jenis zat gizi seperti Asam lemak, Laktosa, Air, dan Asam Amino yang sangat pas dan sudah tentu sesuai bagi pencernaan sang bayi.

Dan masih banyak lagi yang di butuhkan dalam hal manfaat asi bagi bayi antara lain untuk perkembangan otak, pertumbuhan dan kekebalan bagi si anak karena di dalamnya terdapat Mikronutrien yang berfungsi untuk membantu daya tahan tubuh anak.

Namun hal ini bisa menjadi masalah bagi para ibu menyusui bila air susu ibu tidak keluar atau berproduksi untuk mencukupi kebutuhan gizi nutrisi bayi dari umur 0 - 6 bulan yang seharusnya mendapatkan asi eksklusif.

Penyebab ASI Tidak Keluar


Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ASI tidak keluar setelah proses melahirkan yang dilalui oleh ibu hamil. Secara umum ada 2 hal yang bisa menyebabkan produksi asi sedikit atau tidak lancar bahkan malahan bisa terjadi juga ASI tidak keluar.Dua hal tersebut adalah karena faktor fisik ibu sendiri maupun faktor psikologi ibu menyusui.

Berikut beberapa hal yang penyebab air susu ibu tidak keluar antara lain adalah sebagai berikut :

Faktor fisik kesehatan ibu menyusui. Hal ini bisa terjadi oleh karena :

Kadar Asupan Gizi Nutrisi Ibu Hamil
Faktor pemenuhan akan gizi ibu hamil seharusnya diperhatikan dengan baik oleh para calon ibu dan hal ini dimulai ketika masa kehamilan dimulai. Karena dengan pemenuhan akan gizi nutrisi ketika hamil terpenuhi dengan baik maka sang ibu tidak akan mengalami kesulitan dalam memberikan air susu ibu.

Kesehatan Ibu Menyusui.
Gizi dan kesehatan adalah merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam hal manfaat keutamaan menyusui ini. Karena dua hal pokok tersebut adalah bagian dari kondisi fisik seorang ibu menyusui yang harus terpenuhi agar kelancaran memberikan air susu ibu bisa berjalan dengan baik dan sang bayi mendapatkan nutrisi gizi yang baik dari ASI itu sendiri.

Faktor kesehatan ibu juga memegang peranan penting dalam menunjang produksi ASI yang cukup, termasuk dalam hal ini adalah faktor

Penyebab ASI Tidak Keluar

Faktor Psikologis ibu yang menyusui
  1. Rasa nyaman. Perasaan ibu dapat menghambat dan meningkatkan pengeluaran oksitoksin. Seperti perasaan takut, gelisah, marah, sedih, cemas, kesal, malu atau nyeri hebat akan mempengaruhi refleks oksitoksin yang akhirnya menekan pengeluaran ASI. Sebaliknya perasaan ibu yang bahagia, senang, bangga, memeluk dan mencium bayinya dapat meningkatkan pengeluaran ASI.
  2. Yakin. Yakin bahwa dirinya bisa menyusui dan juga susunya bisa berproduksi dengan baik akan membantu dalam hal proses menyusui tadi.
  3. Berpikiran positif.

Cara Memperbanyak ASI


Lalu bagaimana cara agar produksi ASI banyak dan melimpah sehingga kebutuhan sang bayi akan air susu ibu ini akan terpenuhi dengan baik dan optimal yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayinya.

ASI yang berlimpah tidak lepas dari dari kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil yang tercukupi dan terpenuhi dengan baik pula. Berikut ini adalah beberapa tips kiat cara tehnik dalam memperbanyak produksi ASI ibu menyusui antara lain :

Meningkatkan frekuensi menyusui.

Jadi bila kita temui bayi kita sudah merasakan kenyang karena minum air susu ibu, maka perahlah atau peras susu ibu (memompa). Banyak alat yang tersedia untuk memompa ASI ini yang dijual di apotik-apotik atau toko-toko perlengkapan bayi.

Prinsip produksi ASI pada dasarnya based on demand sama halnya dengan prinsip pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin banyak ASI yang diproduksi oleh sang ibu.

Banyak konsumsi air putih.

Dengan para ibu yang menyusui banyak minum air putih akan sangat membantu dalam meningkatkan produksi ASI ibu. Ketika telah banyak ASI yang keluar dan ibu dihadapkan untuk kembali bekerja maka secara tidak langsung hal ini akan membuat para ibu menyusui untuk membeli botol susu yang akan digunakan sang bayi ketika sang ibu sudah mulai sibuk bekerja dan meninggalkan rumah serta sementara waktu menghentikan pola menyusui sang bayi.

Memenuhi kebutuhan gizi nutrisi ibu menyusui dengan baik.

Dengan terpenuhinya akan makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah, serta daging susu untuk ibu menyusui maka akan berdampak positif bagi ibu dalam rangka memproduksi ASI yang banyak dan juga bisa menghasilkan ASI berlimpah dan lancar .

Pilihlah sayur-sayuran yang dapat mengentalkan ASI, atau pun buah-buahan yang sehat untuk ibu hamil dan juga menyusui. Hal ini penting dan bermanfaat dalam hal proses pembuatan ASI menjadi baik dan menyehatkan untuk bayi. Dengan demikian, bayi akan merasa kenyang, dan ini berpengaruh terhadap kualitas tidur bayi sehingga tidurnya pun bisa lelap nyenyak.

Menghindari penggunaan susu formula.

Pada sebagian para ibu yang menyusui setelah mengalami produksi asi sedikit biasanya akan beralih ke pemberian susu formula. Justru dengan pemberian susu formula ini akan menyebabkan produksi ASI semakin tidak lancar. Anak akan menjadi relatif malas menyusu atau bahkan mengalami bingung puting terutama pemberian susu formula dengan memakai dot.

Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya sudah merasa kenyang. Sehingga volume ASI akan makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan maka makin sedikit ASI yang akan diproduksi.

Cara Memperbanyak ASI

Perawatan Payudara.

Melakukan cara dan tehnik perawatan payudara sebagai persiapan menyusui ASI agar nantinya produksi asi banyak ini sebaiknya juga dilakukan ketika saat hamil tua atau kehamilan menginjak trimester ke tiga.

Karena perawatan payudara pada kehamilan adalah salah satu upaya kiat agar ASI banyak dalam rangka mempersiapkan menyusui. Setelah melakukan payudara saat hamil maka hal ini diteruskan pula ketika mulai menyusui.

Kondisi Psikologi ibu manyusui yang baik.

Artinya adalah dalam memberikan ASI juga membutuhkan kondisi psikis yang rileks dan siap untuk menyusui. Bila pada awal hamil sang ibu tidak berniat menyusui bayinya saat lahir maka hal ini akan berpengaruh terdapat pengeluaran dan produksi ASI pada saat tiba waktunya untuk menyusui sang bayinya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
IBX5991B2CA28314