Ads Top

minexcoin

Manfaat Vitamin, Nutrisi Dan Gizi Untuk Kesehatan

Manfaat nutrisi vitamin untuk menunjang dan menjaga kesehatan tubuh memang tidak bisa dipungkiri dan juga tidak sedikit jumlahnya. Mengenal akan berbagai macam jenis vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan juga perlu diketahui dan dipahami dengan baik oleh kita dalam rangka menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Vitamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan menjalankan fungsinya dengan baik. Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina yang berperan sangat penting bagi metabolisme tubuh, namun sebagian besar vitamin ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh.

Oleh karena itu tubuh sangat memerlukan asupan vitamin setiap harinya, walaupun tubuh hanya memerlukan hanya dalam jumlah sedikit saja namun jika asupan vitamin tidak tercukupi dengan baik maka kesehatan tubuh akan bisa terganggu.

Manfaat Vitamin Nutrisi Gizi Bagi Kesehatan

Jenis Macam Vitamin


Vitamin mempunyai 13 jenis yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat. Secara garis besar vitamin tersebut diantaranya vitamin A, C, D, E, K dan B.

Vitamin B sendiri terdiri dari tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12 dan folat. Vitamin-vitamin ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Struktur vitamin akan berubah ketika masuk ke dalam tubuh. Tubuh tidak menyerap vitamin dalam bentuk awal, melainkan diserap dalam bentuk provitamin (vitamin yang belum aktif). Vitamin memiliki sifat mudah larut dalam air dan lemak, namun tidak dengan mineral.

Fungsi vitamin dalam tubuh berbeda-beda tergantung jenisnya. Dan mengenal akan berbagai macam jenis-jenis vitamin beserta sumber, fungsi serta akibat dari kekurangan vitamin tersebut (defisiensi) akan bermanfaat untuk kita semuanya.

Manfaat Vitamin Nutrisi Untuk Kesehatan Tubuh


Berikut beberapa macam jenis fungsi serta manfaat dari Vitamin dan nutrisi gizi untuk kesehatan tubuh manusia antara lain adalah sebagai berikut :

Vitamin C

Manusia membutuhkan vitamin C untuk kesehatan tulang dan kulit. Vitamin C bermanfaat dan berfungsi serta bekerja sebagai antioksidan yang memperlambat kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas akan merusak kolagen, yang menyebabkan kekeringan, garis-garis halus dan kerutan. Buah jeruk, brokoli dan paprika merah merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Perempuan membutuhkan 75 miligram vitamin C setiap hari. Ini alah satu manfaat vitamin untuk kesehatan wanita juga.

Vitamin D

Tubuh kita semuanya tentunya embutuhkan akan asupan nutrisi yang didalamnya terkandung vitamin D. Tubuh manusia membutuhkan dan memerlukan vitamin D untuk menyerap kalsium agar tulang kuat.

Vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan massa tulang. Tanpa vitamin D yang cukup, maka tulang akan menjadi rapuh dan menyebabkan osteoporosis.

Asam Folat

Nutrisi sehat yang dibutuhkan kaum wanita salah satunya adalah asam folat semacam ini. Asam folat mampu meningkatkan sintesis DNA dan membantu pembelahan sel.

Wanita membutuhkan nutrisi ini agar tetap subur terutama ketika sedang hamil. Sebab asam folat juga akan menyehatkan bayi yang sedang berada di dalam kandungan seorang wanita yang sedang mengandung hamil.

Kalsium

Fungsi manfaat kalsium untuk kesehatan adalah dalam rangka untuk membangun serta membentuk tulang yang kuat. Terutama bagi wanita yang berusia di atas 50 tahun, tulang yang kuat sangat diperlukan karena osteoporosis mampu melemahkan tulang.

Wanita disarankan untuk mengonsumsi 1000 miligram kalsium tiap hari dalam rangka untuk menjaga kesehatan tulangnya.

Zat Besi

Jika tubuh badan kita seringkali merasakan cepat lelah dan capai kemungkinan salah satunya adalah bahwa kita sedang dalam kekurangan zat besi.

Zat besi sendiri penting untuk menyehatkan sel darah merah dan membuat tubuh dan badan kita menjadi lebih berenergi. Dapatkan asupan zat besi dari sayuran berdaun hijau seperti bayam contohnya.

Protein
Agar tulang kuat, otot, dan kulit yang sehat maka protein diperlukan. Manfaat fungsi protein untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencerna makanan, dan mengelola sistem metabolisme tubuh.

Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega-3 adalah lemak baik yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Kaum wanita perempuan harus mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berlemak sehat seperti mackerel, tuna dan salmon dalam seminggu. Flaxseed dan kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 juga.

Serat
Manfaat fungsi serat untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan pencernaan manusia adalah tidak bisa dianggap remeh.

Serat diperlukan untuk menyehatkan pencernaan dan menguatkan jantung. Sebab serat akan menurunkan kolesterol dan kadar gula darah serta membersihkan pencernaan.

Itulah beberapa jenis vitamin dan nutrisi sehat yang harus dikonsumsi manusia dan juga wanita secara umum setiap harinya. Lebih baik kita mengonsumsi nutrisi tersebut dari makanan sehat dan segar daripada dari obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
IBX5991B2CA28314