Ads Top

minexcoin

Penyebab Dan Gejala Keputihan

Keputihan pada wanita ada yang bersifat normal fisiologis dan patologis oleh karena jamur, parasit, bakteri dan virus. Jenis macam keputihan juga bermacam-macam tergantung dari warna dan baunya itu sendiri.

Keputihan normal mengandung lepasan jaringan vagina, jaringan leher rahim, lendir endoserviks dan bakteri yang baik terutama golongan Lactobacillus. Sekret vagina ini adalah sesuatu yang alamiah untuk membersihkan diri, sebagai pelicin dan pertahanan dari berbagai infeksi.

Siklus mens berpengaruh pada jumlah cairan yang keluar dari vagina. Pada fase pematangan telur (fase folikel) jumlah cairan yang keluar makin meningkat dan mencapai puncaknya pada saat ovulasi. Setelah itu kualitas cairan menjadi lebih kental.

Penyebab Tanda Gejala Keputihan

Keputihan adalah salah satu hal yang wajar terjadi pada seorang wanita jika bentuk dari keputihan itu berwarna kekuning-kuningan atau bening dan agak kental atau encer.

Akan tetapi sebaliknya bila keputihan yang dialami oleh seorang wanita berbau, cairan yang keluar lengket, berwarna kuning atau juga kehijauan atau bahkan bercampur dengan darah, menimbulkan rasa gatal-gatal pada organ kewanitaan, berasa nyeri dan panas saat buang air kecil, maka keputihan yang anda alami adalah tidak wajar alias abnormal.

Penyebab Keputihan yang tidak normal atau patologis bisa disebabkan oleh karena faktor berikut ini :
  • Kebersihan hygiene daerah kewanitaan yang kurang terjaga.
  • Keputihan karena infeksi. Keputihan yang disebabkan infeksi ini oleh karena adanya bakteri, gonorrhoe, parasit trichomonas, jamur Candida dan virus (HPV, Herpes, AIDS).
  • Mengenakan pakaian atau pun celana dalam yang berbahan sintesis.
  • Pemakaian obat-obatan dalam waktu lama dalam hal ini adalah pemakian obat seperti halnya antibiotik.
  • Stress dan kelelahan.

Tanda Gejala Ciri Keputihan


Ada beberapa tanda gejala serta ciri-ciri wanita yang terkena penyakit keputihan yang bisa dikenali dari macam bau dan warna keputihan itu sendiri.

Ciri-ciri keputihan pada wanita antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Cairan yang keluar berbau tidak sedap.
  2. Berwarna putih susu, kuning atau hijau.
  3. Menyebabkan rasa gatal dan nyeri pada daerah genital wanita.
  4. Cairan keputihan kental.
  5. Terkadang bercampur darah.

Jenis-Jenis Keputihan

Tanda Gejala Ciri Keputihan

Jenis macam keputihan pada wanita dikenali dari warna keputihan itu sendiri. Berikut jenis-jenis keputihan yang dilansir dari womenshealth antara lain adalah sebagai berikut :
Bening menuju putih, basah, dan elastis

Keputihan ini muncul selama pertengahan siklus kesuburan. Itu adalah mekanisme alami tubuh untuk memudahkan sperma masuk ke dalam vagina dan mampu membuahi sel telur.

Putih dan gatal

Infeksi jamur akibat bakteri berlebih pada daerah Miss V bisa menjadi penyebab keputihan ini. Meski ini tidak berbau, rasa gatal pada labia luar atau dalam bisa sangat hebat. Infeksi bisa disebabkan berbagai hal, di antaranya konsumsi antibiotik dan kebersihan pakaina dalam yang kurang.

Keabu-abuan, tipis, dan berbau tajam

Bakteri Vaginosis (BV) juga sangat umum dialami wanita usia 15 sampai 44 tahun. Ini mudah disembuhkan dengan obat-obatan resep setelah diagnosa dokter. Alasan wanita mengalami BV belum diketahui.

Kuning kehijauan dan sedikit berbau

Dua bakteri umum penyebab penyakit kelamin seperti chlamydia atau gonore bisa menjadi penyebabnya. Tanda-tanda lain dari infeksi ini seperti nyeri panggul dan rasa terbakar saat buang air kecil. Yang mengerikan, kebanyakan wanita bisa tidak merasakan gejala ini.

Berbusa, berbau, dan berwarna abu-abu atau hijau

Ini kemungkinan disebabkan infeksi trichomoniasis. Ini adalah penyebab penyakit menular seksual yang dapat disembuhkan. Trichomoniasis dapat disebarkan melalui handuk dan benda yang memungkinkan kontak dengan kulit.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
IBX5991B2CA28314