Ads Top

minexcoin

Penyebab Dan Tips Kiat Mengatasi Anak Susah Makan

Anak susah makan tentunya hal ini adalah merupakan bagian permasalahan dari para orang tua. Dan kiat tips cara mengatasi anak yang susah makan juga perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik oleh para orang tua.

Seperti yang kita ketahui bersama bagi para orang tua bahwasannya di dalam makanan untuk bayi dan anak terdapat banyak gizi nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh para anak-anak untuk pertumbuhan dan perkembangan serta kesehatan anak-anak kita tentunya.

Karena memang tidak bisa dipungkiri akan manfaat gizi untuk kesehatan dan kecerdasan anak itu mempunyai peranan yang cukup besar dalam hal ini.

Penyebab Dan Tips Kiat Mengatasi Anak Susah Makan

Asupan makanan bagi anak dan juga pada balita pada usia 1-5 tahun merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan anak-anak. Makanan dalam hal ini berfungsi dan bermanfaat dalam rangka pemenuhan kebutuhan gizi dan nutrisi serta energi dalam menunjang aktifitas sehari-hari buah hati kita.

Jika balita susah makan dan hal ini tidak segera kita atasi maka hal ini akan bisa berdampak dan berpengaruh yang kurang baik untuk kesehatan dan proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak akan bisa lebih mudah untuk terserang penyakit bila pemenuhan gizi nutrisinya tidak tercukupi dengan baik.

Pentingnya asupan gizi dalam makanan untuk pertumbuhan perkembangan dan kecerdasan serta kesehatan anak tidak boleh dianggap sebelah mata. Karena dalam masa bayi balita dan anak maka proses pertumbuhan perkembangan tumbang akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecerdasan anak di masa depannya.

Penyebab Susah Sulit Makan Pada Anak


Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seorang anak atau bayi dan balita menjadi susah makan. Dua diantaranya dibedakan karena faktor secara fisik pada anak dan balita dan juga faktor psikis yang ada pada balita.

Faktor fisik yang menjadi penyebab anak menjadi susah makan contoh mudahnya adalah adanya gangguan di organ pencernaan anak maupun terdapatnya infeksi dalam tubuh anak.

Sedangkan faktor psikis yang bisa menjadi penyebab anak bayi menjadi susah makan antara lain adalah jarena adanya gangguan psikologis pada anak, seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa untuk memakan makanan yang tidak disukainya.

Beberapa hal yang bisa menjadikan faktor penyebab seorang anak menjadi susah makan antara lain adalah sebagai berikut :

Banyak Makan Snack atau Camilan Yang Mengandung Kalori Menjelang Waktu Makan

Ketika seorang anak banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori atau dalam hal ini makanan atau jajanan yang manis-manis sebelum waktunya makan, maka hal ini akan bisa menjadikan perut anak merasa kenyang terlebih dahulu. Makanan yang banyak mengandung kalori ini biasanya makanan yang manis-manis seperti : permen, minuman ringan, cokelat, snack ber-MSG.

Bosan Dengan Menu Masakan

Merasa bosan dengan menu sehari-hari yang dirasakan anak seperti itu-itu saja tanpa adanya variasi dalam penyajian menu makanan maka lambat laun hal ini akan bisa menyebabkan anak bosan dan selanjutnya bisa masuk dalam tahapan anak menjadi susah makan. Untuk itu para orang tua khususnya para ibu untuk lebih bisa menyajikan makanan yang bervariasi.

Bila sekarang banyak anak yang cepat merasa bosan dengan menu makanan yang disajikan oleh ibunya. Sehingga hal ini seyogyanya akan mendorong para ibu untuk lebih kreatif dalam membikin menu makanan sehingga tidak menimbulkan datangnya rasa bosan anak terhadap menu makanannya.

Jika penyebabnya adalah karena menu makanan tersebut tidak disukai oleh anak, misalnya sayuran, maka ibu harus menyiasati untuk mengenalkan secara perlahan 'rasa' dari sayuran itu. Ini adalah merupakan salah satu cara tips mengatasi anak yang susah makan bagi para orang tua.

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Kehilangan Selera Makan

Berdasarkan beberapa penelitian, hal ini disebabkan oleh adanya faktor kecil yang dialami oleh anak khusunya saat masih bayi. Pada kondisi demikian, bayi cenderung lebih sering menyemburkan makanan yang dia makan atau hanya ingin mengemut saja.

Hal ini memang wajar dilakukan oleh si bayi pada umumnya, namun tetap saja harus ada makanan pendamping yang masuk pada tubuhnya. Adapun hal tersebut dapat disebabkan oleh bayi yang tiba-tiba kehilangan selera makan. Namun, kondisi ini sifatnya relatif, tidak semua bayi mengalaminya.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan


Mengatasi balita susah makan memang merupakan salah satu dari sekian banyak tanggung jawab orang tua dalam menunjang proses pertumbuhan perkembangan serta menjaga kesehatan anak dan buah hati.

Usia balita adalah masa peralihan makanan dari makanan pendamping ASI ke makanan orang dewasa. Perhatikan porsi, jenis bahan makanannya serta kandungan gizi karena kemampuan sistem pencernaan anak belum sesempurna orang dewasa.

Pola makan harus berpedoman terhadap pola menu seimbang dan bahan makanan sebaiknya dipilih yang tidak memicu reaksi alergi. Hindari memberikan makanan dengan bumbu terlalu tajam karena bisa mengganggu pencernaan anak.

Berikut beberapa tips kiat dan cara mengatasi anak yang susah makan antara lain adalah sebagai berikut :

Mengetahui Penyebab Sulit Makan Anak

Jika anak susah makan, tentunya sebagai orangtua, ibu mapun sang ayah harus dan perlu tahu apa yang menyebabkan anak enggan untuk menelan makanan yang telah kita siapkan. Apakah ia sedang sakit? Apakah selama ini respons orangtua yang salah dengan pola makan anak? Atau ada masalah psikologis yang membuat sang anak menjadi sulit makan. Penanganan yang terbaik yang sesuai dengan penyebabnya.

Dengan mengetahui akan akar penyebab masalah sulit makan bayi balita ini, maka para orang tua baru memikirkan jalan dan solusi yang paling tepat dalam menangani permasalahan sulit susah makan pada anak-anak itu sendiri.

Jangan Memaksakan Anak
Yang juga kerap terlupakan, di usia batita ini rasa ingin tahu anak sudah semakin besar. Ia sudah punya selera tersendiri terhadap makanan. Apa cita rasa yang disukai anak, tugas orangtualah untuk menemukannya.

Yang perlu digarisbawahi adalah anak punya hak memilih kapan mau makan, seberapa banyak yang akan dikonsumsi olehnya. Jangan sampai orangtua mengambil langkah pemaksaan, karena sudah dipastikan anak akan semakin enggan dan kehilangan kepercayaannya terhadap orangtuanya sendiri. Hal ini juga berakibat menghambat anak menentukan kapan waktu yang tepat untuk makan secara rutin.

Terapi Bermain dan Jadikan Saat Makan Menyenangkan

Biasanya cara ini dilakukan pada anak yang masih kecil hingga usia batita. Saat bermain, orangtua bisa mengamati dan menganalisis bagaimana pola bermain anak dari kisah-kisah yang diperlihatkan. Lewat terapi bermain, konflik permasalahan anak dapat ditelusuri, kemudian diatasi sesuai penyebabnya.

Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

Tips Kiat Mengatasi Anak Susah Makan

Mengajarkan Contoh Dan Perilaku Makan Yang Baik Dan Makan Teratur

Sediakan menu makanan yang bervariasi agar anak mengenal banyak rasa dan jenis makanan. Jadikanlah diri para orang tua ayah dan ibu untuk menjadi contoh yang baik dengan membiasakan makan bersama di meja makan.

Makan bersama merupakan ajang interaksi penting antara orangtua dan anak. Orangtua juga bisa menjadi teman menyenangkan di meja makan. Dengan begitu, hubungan orangtua dan anak semakin erat. Makan teratur atau sesuai dengan jadwal anak biasa makan adalah salah satu dari Solusi Mengatasi Anak Susah Makanyang efektif.

Menjadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

Beri Camilan Sehat Dan Menarik

Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang.

Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabur keju, dan sebagainya. Atau dengan variasi makanan camilan yang sehat yang bisa dibikin oleh para ibu di rumah untuk anak-anaknya.

Pentingnya Asupan Nutrisi Seimbang

Selain ibu mendapatkan mengenai penyebab bayi yang susah makan serta cara mengatasinya, adakalanya para ibu harus tahu akan pentingnya nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Nutrisi yang cukup dan seimbang akan menentukan proses tumbuh kembang si bayi.

Asupan makanan pendamping ASI seperti bubur, sereal, biskuit serta sari buah dan sayur sangat diperlukan oleh bayi. Dalam hal ini pemilihan sumber nutrisi perlu diperhatikan dari nilai gizi yang terkandung didalam hingga kebutuhan si bayi akan nutrisinya.

Makanan yang masuk harus berpola seimbang dan bermanfaat bagi tubuh si bayi sebab akan mengurangi penyebab bayi susah makan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
IBX5991B2CA28314