Ads Top

minexcoin

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli AC



AC merupakan salah satu komponen penting di setiap rumah agar tercipta suasana ruangan yang lebih nyaman. Namun sebelum membeli satu unit AC baru untuk dipasang di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:  
  1. Pilih Tipe AC Sesuai Kebutuhan
Ketika akan membeli AC, pastikan Anda sudah mencaritahu jenis-jenis AC yang dijual di pasaran dan apa perbedaan antar satu jenis AC dengan yang lainnya. Dengan mengetahui jenis-jenis AC yang akan Anda hadapi ketika berada di toko elektronik, Anda akan lebih mudah dan lebih cepat untuk menentukan pilihan.

Adapun pemilihan AC sebaiknya disesuaikan dengan kondisi rumah atau ruangan. Modern ini, adatiga tipe AC yang paling umum digunka anoleh masyarakat Indonesia. Pertimbangkan fungsi dan efektivitasnya, kemudian pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Yang pertama adalah AC jenis window. Window AC adalah AC yang diletakkan di jendela,dan dipasang melalui lubang pada dinding. Rumah-rumah mewah atau gedung biasanya menggunakan AC jenis ini karena penyebaran suhu dinginnya dinilai lebih dingin dan merata.

Jenis yang kedua adalah AC jenis wall units. AC tipe ini dipasang menempel pada dinding, dan menjadi tipe AC yang paling umum digunakan di oleh masyarakat. Biasanya AC inidi pasang di ruangan besar di rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga atau kamar utama.


Jenis selanjutnya adalah portable units. AC berjenis portable ini tidak dipasang pada dinding atau jendela sehingga memungkinkan untuk dipindah-pindahkan dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Meskipun cukup praktis, udara dingin yang dihasilkan biasanya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan jenis-jenis AC sebelumnya, sehingga tidak akan cocok apabila ditempatkan di ruangan berukuran cukup besar dan ditempati banyak orang. AC tipe ini lebih cocok ditaruh di kamar, atau untuk rumah berukuran kecil.
  1. Faktor Eksternal
Setelah mengetahui keempat jenis AC yang telah disebutkan di atas dan mengerti secara teknis perbedaan antara satu dengan yang lainnya, kini waktunya Anda memahami faktor-faktor eksternal yang juga dapat mempengaruhi kinerja AC yang Anda pilih nantinya.


Kapasitas pendinginan AC sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal ini. Di antaranya adalah ukuran kamar, jumlah jendela; pintu, jumlah anggota keluarga, peralatan dan konsumsi energi di dalam rumah. Semakin banyak orang, maka diperlukan AC dengan daya lebih besar, sehingga penggunaan AC portable tidak akan sesuai untuk Anda gunakan.
  1. Besarnya Daya Listrik yang Dibutuhkan
Ketika akan membeli AC, Anda juga harus menyesuaikan daya listrik dalam rumah dengan arus listrik yang akan dikonsumsi oleh AC.Pikirkan berapa besar biaya listrik yang harus dibayar dengan pemakaian AC. 

Jika sekiranya tagihan listrik bisa membengkak karena AC, sebaiknya pikir dua kali untuk menggunakannya. Biasanya semakin besar unit AC, akan semakin besar daya listrik yang digunakannya. 

Hal ini dikarenakan untuk mengoperasikan komponen-komponennya saja, akan dibutuhkan daya listrik yang tidak sedikit.Untuk itu, pikirkan dengan baik jenis AC apa yang harus Andabeli dengan menyesuaikan konsumsi listriknya dengan kapasitas daya di rumah Anda.

Ada beberapa jenis AC yang hemat energi, dan mungkin harganya akan lebih mahal dibandingkan AC biasa, tapi pikirkanlah manfaat jangka panjang yang akan Anda rasakan. Tagihan listrik Anda akan jauh lebih murah per harinya, sehingga cocok bagi yang ingin berhemat.

Selain jenis AC, hal lain yang mempengaruhi besar biaya listrik yang harus Anda bayarkan adalah perawatan AC. AC yang senantiasa terawat dengan baik ternyata lebih hemat listrik dibandingkan dengan AC yang tidak dirawat, sehingga konsumsi listrik dapat lebih ditekan dan biaya listrik juga tidak akan terlalu tinggi. Tidak hanyaitu, AC yang terawat pun juga akan mengurangi resiko adanya kerusakan.


Setelah mengetahui ketiga hal penting di atas, kini Anda tentu sudah menjatuhkan pilihan Anda pada satu jenis AC, bukan? Setelah membeli dan memasangnya, jangan lupa untuk merawat dan membersihkannya secara rutin. Apabila suatuhari Anda mendapati hal aneh pada AC Anda, segera hubungi jasa service AC terbaik di wilayah Anda agar penangannya akan cepat dan tepat. Misalnya jika Anda berdomisili di Jogja, segeralah menghubungi tukang service AC Jogja. Begitu pun dengan kota-kota lainnya di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
IBX5991B2CA28314